Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Saya Siap Mati untuk Merah Putih!"

Kompas.com - 30/11/2016, 09:33 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Masyarakat Bali mengikuti apel Nusantara Bersatu untuk mengkuatkan rasa nasionalisme bangsa di Lapangan Renon Denpasar, Rabu (30/11/2016).

Ketua Forum Kerukunan Umat Bergama (FKUB) Provinsi Bali, Dewa Swastika menyampaikan bahwa saat ini adalah tonggak ketika semua anak bangsa bertekad tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Saya siap mati untuk merah putih! Apakah Anda siap mati untuk merah putih?" tanya Dewa Swastika di hadapan peserta apel Nusantara Bersatu, Denpasar, Bali, Rabu (30/11/2016).

Sontak saja tantangan itu dijawab siap oleh semua hadirin.

Gema tepuk tangan dan kepalan tangan ke atas turut menyemarakkan acara kebangsaan tersebut.

Acara diisi dengan berbagai orasi, termasuk Gubernur Bali Made Mangku Pastika, yang menegaskan bahwa generasi muda, khususnya pelajar, dipersilakan kembali mempelajari Pancasila dan memahami betul kandungannya yang menjadi salah satu pilar bangsa.

"Pesan saya, ingat jati diri kita, budaya yang beragam. Ingat para pendiri bangsa kita yang telah mengikrarkan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika! Mari kita renungkan makna satu persatu, makna dari Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika," kata Gubernur Pastika saat orasi.

Selain Gubernur Bali Made Mangku Pastika, acara ini juga dihadiri Kapolda Bali Irjen Pol Sugeng Priyanto dan Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiyatmoko dan anggota TNI, Polri, PNS, pelajar serta tokoh masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com