Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Kecamatan di Kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi Ambruk

Kompas.com - 03/11/2016, 18:33 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Bangunan kantor Kecamatan Ciemas yang terletak di pusat kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, ambruk, Senin (31/10/2016).

Tidak ada korban jiwa maupun cedera dalam peristiwa yang terjadi pagi hari itu. Karena kejadiannya, sebelum semua pegawai masuk kerja dan melaksanakan kegiatan rutin.

Kantor Kecamatan Ciemas ini diresmikan pada 2 September 1980 oleh Gubernur Jawa Barat, Aang Kunaefi Kartawiria. Informasinya, hingga terjadi bangunan ambruk belum pernah ada rehab.

''Kejadiannya hari Senin pagi sebelum kita semua masuk,'' kata Camat Ciemas, Agung Budiman saat dihubungi melalui telepon, Kamis (3/11/2016) petang.

Menurut dia, bangunan ambruk itu terjadi di ruang aula dan tempat rapat yang berdampingan dengan ruang pelayanan dan ruang utama sehingga dikhawatirkan bangunan yang lain juga ikut ambruk karena satu bangunan.

''Bangunan kantor kecamatan ini usianya sudah tua, sudah 36 tahun. Kami khawatir bangunan yang sisanya ambruk juga,'' ujar camat yang bertugas sejak November 2014 itu.

Agung mengungkapkan karena melihat kondisi bangunan yang sudah tua itu pihaknya sudah sempat mengajukan permohonan pembangunan kembali kantor kecamatan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Pengajuan pembangunan kantor kecamatan ini pun mendapatkan rekomendasi dari dua bupati. Pengajuan pertama tahun 2014 dengan rekomedasi Bupati Sukmawijaya dan tahun 2016 ini oleh Bupati Marwan Hamami.

"Saya ajukan tahun 2014, namun pada anggaran 2015 belum terealisasi. Makanya diajukan kembali pada 2016 ini dengan anggaran yang sama Rp 3,5 milyar, mudah-mudahan tahun 2017 nanti bisa terealisasi,'' ungkapnya.

Saat ini, lanjut dia, meskipun terdapat bangunan yang ambruk tidak membuat pelayanan kepada masyarakat terganggu. Hanya saja kondisinya serba darurat.

''Pelayanan kepada masyarakat seperti tetap biasa saja,'' imbuh dia.

Terkait Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Agung membenarkan bila wilayahnya tersebut merupakan pintu gerbang masuk ke kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Karena obyek utamanya, Ciletuh, terletak di wilayah Kecamatan Ciemas.

''Ya wilayah kami ini memang saat ini menjadi daerah tujuan wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan manca negara. Mereka berkunjung ke obyek-obyek wisata di kawasan Geopark Ciletuh,'' pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com