Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bumi Guncang Timor Tengah Utara

Kompas.com - 25/10/2016, 08:26 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KALABAHI, KOMPAS.com - Gempa bumi 3,3 magnitudo mengguncang Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (25/10/2016).

Kepala stasiun geofisika kelas I Kupang Hasanudin mengatakan, gempa bumi dengan episenter terletak pada koordinat 09.01 derajat Lintang Selatan dan 124.24 derajat Bujur Timur, pada kedalaman 10 km. Gempa terjadi sekitar pukul 6.45 Wita.

Menurut Hasanudin, peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan lemah. Lokas gempa bumi 63 kilometer barat laut Kabupaten TTU.

Dia mengimbau kepada masyarakat, agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir utara Kabupaten TTU, agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng. Dalam hal ini Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia dan terjadi deformasi batuan hingga memicu terjadinya gempa bumi.

"Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan maupun dampak yang ditimbulkan akibat gempa bumi," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com