Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setengah Jam Tertimbun Tanah Longsor, Siti Selamat

Kompas.com - 20/10/2016, 17:07 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Setengah jam tertimbun tanah longsor, Siti Nurbaya (16) berhasil dievakuasi dengan selamat.

Saat itu, pelajar kelas 10 SMK Muhamadiyah Kota Sukabumi sedang tertidur lelap. Bencana tanah longsor ini terjadi di sebuah rumah di Kampung Pateken RT 6 RW 02 Desa/Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (19/10/2016) sekitar pukul 23:00 WIB.

"Adik saya ditemukan setelah kepalanya sempat terinjak saat kami bersama istri menggali tanah dengan cara manual pakai tangan," ungkap Asib Fitriana (27) kakak ipar Siti Nurbaya kepada Kompas.com di rumahnya, Kamis (20/10/2016.

Adiknya, sebut dia, langsung berteriak dan memanggil nama dirinya dan istrinya, Sumiyati (22). Mendengar suara adiknya, penggalian langsung dilakukan di lokasi tubuh adiknya tertimbun.

"Saat ditemukan kondisinya telungkup. Selain tanah, bahu dan punggungnya tertimpa puing tembok seukuran satu meter persegi," tutur dia.

"Setelah itu langsung di angkat ke ruang tengah, dan sempat tidak sadarkan diri. Tapi enggak lama siuman lagi. Sekarang dia masih sekolah," katanya.

Sebelum bencana tanah longsor ini terjadi, di wilayah Sukabumi diguyur hujan deras sejak pukul 22:00 WIB. Saat peristiwa longsor terjadipun para penghuni rumah sebanyak lima jiwa sudah tertidur lelap.

Longsor dari tebing tanah di pinggiran jalan desa setinggi tiga meter tersebut mengakibatkan tembok pinggiran rumah ambruk dan menimpa tembok kamar. Bencana tersebut sudah ditangani pihak desa dan kecamatan setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com