Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rajin "Bike to School", 5 Pelajar Dapat Sepeda dari Ridwan Kamil

Kompas.com - 14/10/2016, 17:14 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil membagikan lima sepeda kepada lima siswa SMP Kota Bandung. Mereka yang terpilih merupakan siswa yang giat menggunakan sepeda ke sekolah (bike to school) setiap hari.

Annisa Sadmahfudz (15) siswa kelas 9 SMP 39 Bandung menjadi salah satu yang beruntung. Nisa, begitu ia disapa, tidak bisa menyembunyikan raut wajah bahagia saat mendapat hadiah dari sang wali kota.

"Senang banget dikasih sepeda sama Pak Ridwan Kamil," kata gadis berkerudung itu di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Jumat (14/10/2016).

Nisa merupakan salah satu siswa yang selalu bersepeda ke sekolah. Kebiasaannya itu sudah ia mulai sewaktu duduk di bangku sekolah dasar.

"Saya enggak suka naik angkot, bau rokok, macet, nunggunya juga lama," ujarnya.

Sejak gencarnya kampanye bike to school yang digagas Ridwan Kamil, ia pun mulai mengajak rekan sebayanya bersepeda. Namun, ajakannya beberapa kali mendapat respons kurang baik dari teman sekolahnya.

"Saya suka ngajakin teman naik sepeda, tapi mereka kebanyakan malu. Karena kan sudah banyak yang pakai motor, kalau naik sepeda katanya dibilang seperti anak kecil," ujarnya.

Yunan Angga Setiawan (15), siswa lainnya mengaku memilih sepeda sebagai kendaraan utamanya, lantaran lebih ramah lingkungan. Siswa kelas 9 SMP 39 Bandung itu selalu bersepeda lantaran tak suka dengan asap kendaraan.

"Sejak pertama masuk SMP saya sudah pakai sepeda naik motor kan nambah polusi, sepeda kan jadi ngurangin polusi, ramah lingkungan," tuturnya.

Sementara itu Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjelaskan, hadiah berupa lima sepeda itu ia berikan kepada siswa yang menjadi teladan lantaran selalu bersepeda ke sekolah.

Dia berharap, para siswa tersebut dapat menginspirasi siswa lain untuk bersepeda ke sekolah.

"Kami hadiahi lima sepeda yang terpilih menjadi teladan dan kerja sama dengan Pertamina ratusan sepeda tiap tahun sudah dikomitmenkan. Awal 2017 Bandung akan mengalami peningkatan signifikan soal sepeda," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com