Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Listrik Sering Padam, Pelayanan Pembuatan E-KTP Tak Kunjung Beres

Kompas.com - 12/10/2016, 11:29 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com - Proses pembuatan e-KTP di Kabupaten Gunungkidul terganggu akibat seringnya terjadi listrik padam. Padamnya listrik secara tiba-tiba ini dirasakan oleh beberapa kecamatan baik di pinggiran hingga di kota Wonosari.

"Memang sejak setahun terakhir, sering menerima keluhan dari kecamatan-kecamatan karena listrik padam," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Gunungkidul, Eko Subiantoro, saat dihubungi, Rabu (12/10/2016).

Eko mengungkapkan, padamnya aliran listrik di kecamatan-kecamatan membuat aktivitas pelayanan publik menjadi tidak berjalan maksimal. Terlebih saat ini sedang proses pembuatan e-KTP.

"Proses perekaman jadi tidak maksimal. Alat untuk merekam juga bisa rusak kalau listrik sering padam," tegasnya.

Dia mengungkapkan, pemadaman listrik tidak hanya dirasakan oleh kecamatan-kecamatan di pinggiran namun juga terjadi di kota Wonosari. Beberapa kecamatan yang beberapa bulan terakhir sering mengalami pemadaman listrik antara lain Kecamatan Semin, Kecamatan Girisubo, Kecamatan Rongkop dan Kecamatan Ponjong.

"Kami sudah melaporkan hal ini ke Bupati. Semoga bisa segera diatasi sehingga pelayanan bisa lebih maksimal," tandasnya.

Sementara itu, Direktur PLN Wonosari, Nanang Iskandar menduga terganggunya jaringan listrik karena ada penurunan daya di wilayah Gunungkidul. Sebab selama ini PLN Guningkidul bekerja sama dengan PLN Wonogiri maupun PLN Bantul untuk daya.

"Mungkin ada penurunan daya, karena PLN Wonogiri meminta bantuan daya ke PLN Gunungkidul. Kita memang kerjasama, jika tidak daya listrik tidak kuat," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com