Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Kalbar Kerahkan 1.335 Personel Amankan Sail Selat Karimata

Kompas.com - 05/10/2016, 20:08 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com — Kepolisian Daerah Kalimantan Barat (Polda Kalbar) mengerahkan sebanyak 1.335 personel untuk pengamanan kegiatan Sail Selat Karimata (SSK) yang puncak acaranya akan dihadiri Presiden Joko Widodo pada 15 Oktober 2016 mendatang di Kabupaten Kayong Utara.

Kepala Polda Kalbar Inspektur Jenderal Musyafak mengatakan, pihaknya sudah mulai memeriksa satu per satu kesiapan pengamanan SSK, yang akan dihadiri oleh Jokowi bersama istri dan didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Kerja.

"Perhelatan Sail Selat Karimata ini bukan hanya gawainya pemerintah daerah, melainkan gawai semua pihak sehingga berbagai persiapan termasuk pengamanan harus benar-benar dipersiapkan secara matang," ujar Musyafak, Rabu (5/10/2016).

Salah satu poin persiapan yang tak luput dari perhatian adalah landasan yang akan didarati pesawat yang akan digunakan Presiden bersama rombongan.

"Selain itu, rute perjalanan yang akan dilalui Presiden, lokasi parkir, dan tempat yang akan digunakan Presiden Jokowi, semua dicek secara detail," ujarnya.

Pergeseran pasukan rencananya memanfaatkan jalur darat. Selain lebih efisien, jalur darat juga bisa digunakan untuk patroli.

"Rencana penggeseran pasukan akan dimulai tanggal 9 Oktober 2016 usai apel gelar pasukan," ujarnya.

Penempatan pasukan nantinya akan disesuaikan dengan tantangan tugas yang dihadapi di lapangan dan bersifat dinamis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com