Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Calon Peserta Pilkada Aceh Utara Tidak Lulus Uji Kesehatan

Kompas.com - 30/09/2016, 20:25 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Sebanyak dua calon peserta pemilihan kepala daerah Aceh Utara dinyatakan tidak lulus dalam uji kesehatan di Rumah Sakit Zainal Banda Aceh.

Mereka adalah Sulaiman Ibrahim, bakal calon bupati; dan Tgk Ibnu Hajar, balon wakil bupati. Keduanya dari jalur independen, tetapi dengan pasangan yang berbeda. Atas dasar itu, keduanya tidak dapat melakukan dalam Pilkada 2017 mendatang.

"Berdasarkan surat yang kami terima dari tim dokter yang ditujukan ke KIP dan paslon, Sulaiman tidak memenuhi syarat secara jasmani. Sementara Tgk Ibnu Hajar tidak memenuhi syarat secara jasmani dan psikologis," sebut Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara, Jufri Sulaiman, Jumat (30/9/2016).

Sulaiman berpasangan dengan Razali yang dinyatakan lulus. Sementara Ibnu Hajar berpasangan dengan Ayah Panton yang juga lulus uji kesehatan.

Jufri menyebutkan, tim dokter yang menguji tes kesehatan sepenuhnya dibentuk oleh KIP Aceh. Sehingga, mereka tidak tahu bagian kesehatan mana yang kurang. Dari regulasi yang ada, disebutkan jika gagal tes kesehatan, maka harus ada calon penganti.

"Misalnya, Sulaiman IB telah gagal dalam tes kesehatan, maka calon wakilnya dapat mengajukan orang lain sebagai calon bupati ataupun wakil bupati. Jika calon lain diajukan sebagai wakil, maka calon wakil sebelumnya menjadi calon bupati," jelasnya.

Tenggang waktu pengajuan calon pengganti hanya lima hari, dari 30 September hingga 4 Oktober mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com