Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak SMA Tak Naik Kelas, Ridwan Kamil Minta Sekolah Cari "Win-win Solution"

Kompas.com - 06/09/2016, 16:48 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil angkat suara soal adanya seorang siswi SMA Negeri 4 Bandung berinisial DPR (15) yang tak naik kelas lantaran nilai matematikanya nol.

Pria yang akrab disapa Emil itu berpendapat, masalah tersebut bukan termasuk kebijakan umum, melainkan kasus.

"Jadi kalau kami protes harus bedakan mana kebijakan umum atau kasus karena tidak ada kebijakan diskriminasi," ujar Emil saat ditemui di kawasan Cisaranten, Kota Bandung, Selasa (6/9/2016).

Agar situasi tak meruncing, Emil memerintahkan kepada pihak SMA Negeri 4 Bandung kembali merangkul DPR agar mau kembali bersekolah. Sebab, dari laporan terakhir yang diperolehnya, orangtua siswa berencana memindahkan DPR dari SMA Negeri 4 Bandung.

"Kalau secara administrasi saya minta agar cari solusi kemanusiaan karena anaknya enggak bodoh supaya mental anaknya tidak down. Tapi berita hari ini katanya orangtuanya memutuskan mau memindahkan ke sekolah lain. Sebenarnya saya sudah intruksikan untuk merangkul dan melakukan upaya win-win solution demi masa depan sang anak," ungkapnya.

Tindakan yang dilakukan pihak sekolah pun tak bisa disebut salah. Menurut Emil, pihak sekolah telah berupaya memberikan kesempatan bagi DPR untuk melakukan ujian susulan.

"Siswi ini sudah diberi kesempatan untuk ujian susulan dan lebih dari satu kali tapi ujian susulan tidak dimanfaatkan sehingga menurut laporan itu bukan nol tapi kosong kalau nol itu dia mengerjakan soal dia salah semua kalau nol itu dia tidak hadir," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com