Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demam Pokemon Go di Kalangan Pelajar, Ini Kata Mendikbud

Kompas.com - 19/07/2016, 17:43 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kemunculan permainan Pokemon Go telah menjadi fenomena baru di Indonesia. Tak hanya bagi orang dewasa, game buatan Nintendo dan Niantic itu telah menyasar kalangan pelajar.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan angkat suara soal merebaknya permainan dengan karakter monster itu. Pihaknya mengaku tak akan melarang para pelajar untuk memainkan permainan tersebut.

"Intinya adalah permainan apapun ada dosisnya. Intinya atur waktu dan kemudian hati-hati dalam mengikutinya," kata Anies di SMAN 8 Bandung, Jalan Selontongan, Selasa (19/7/2016).

Meski tak melarang, Anis meminta agar para orang tua turut berperan memantau kegiatan putra putrinya saat memainkan Pokemon Go. Pengawasan diperlukan mengingat permainan tersebut bersifat Argumented Reality (AR) yang memungkinkan para pemainnya untuk bisa memproyeksikan benda maya dalam kehidupan nyata.

"Jadi permainan apapun dosis tepat, waktu diatur. Dan orang tua tolong perhatikan apa yang dikerjakan anak-anaknya bukan untuk mengawasi tapi arahkan. Jadi orang tua jangan enggak tahu apa-apa juga," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com