Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Otopsi, Tak Ada Tanda Kekerasan di Jasad Mahasiswi UGM

Kompas.com - 03/05/2016, 17:09 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

SLEMAN, KOMPAS.com — Lima dokter RSUP Dr Sardjito Yogyakarta telah melakukan otopsi terhadap jenazah Feby Kurnia, mahasiswi Geofisika angkatan 2015 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM).

Ketua Tim Dokter Otopsi, dr Ida Bagus Gede Surya Putra Pidada, menyampaikan, tim telah melakukan otopsi, baik pemeriksaan dalam maupun luar tubuh.

"Tim dokter tidak menjumpai adanya tanda-tanda kekerasan di tubuh korban," katanya dalam jumpa pers di ruang rapat forensik RSUP Dr Sardjito, Selasa (3/5/2016).

Mengenai penyebab kematian, lanjutnya, tim dokter masih belum dapat menyimpulkan. Sebab, hal itu masih membutuhkan pemeriksaan lanjutan, seperti pemeriksaan patologi anatomi dan toksikologi.

"Untuk mengetahui penyebab kematian, dibutuhkan pemeriksaan lanjutan sekitar satu sampai dua mingguan," tuturnya.

Menurut dia, dari hasil otopsi, juga diketahui bahwa Feby telah meninggal sekitar 3-5 hari sebelum ditemukan. Jenazahnya juga telah membusuk dan bengkak.

"Ada tidaknya penyakit bawaan, nanti juga akan kita lihat dari pemeriksaan jaringan. Larva yang ada di tubuh Feby juga akan kami periksa," kata Surya.

Terkait informasi terdapat jeratan di tubuh Feby, Surya menyatakan bahwa hal itu disebabkan lipatan yang muncul karena kondisi jenazah yang sudah membengkak dan membusuk.

"Hasil ini akan diserahkan ke pihak polisi untuk membantu penyelidikan," katanya.

Jenazah Feby rencananya akan dibawa ke rumah keluarga di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (4/5/2016) pagi.

(Baca juga: Mahasiswi yang Mayatnya Ditemukan di Toilet UGM Pernah Juarai Olimpiade Sains)

Sebelumnya diberitakan, sesosok mayat perempuan ditemukan di dalam toilet lantai 5 Gedung FMIPA UGM, Senin (2/5/2016) petang. Dari identifikasi polisi, perempuan tersebut diketahui identitasnya bernama Feby Kurnia, mahasiswi Program Studi Geofisika FMIPA UGM angkatan 2015, yang dilaporkan hilang sejak Kamis 28 April 2016 lalu.

(Baca juga: Mayat Perempuan Ditemukan di Toilet Gedung FMIPA UGM)

 

Kompas TV Ibu Curiga Dengan Gaya Komunikasi Korban Sebelum Tewas

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com