Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puan Minta Pembangunan Mentawai Pasca-Tsunami Dipercepat

Kompas.com - 28/04/2016, 16:28 WIB
Indra Akuntono

Penulis

PADANG, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani meminta agar pembangunan Kepulauan Mentawai pasca-gempa bumi dan tsunami yang terjadi pada tahun 2010 dipercepat.

Puan menyoroti pentingnya pembangunan infrastruktur untuk memulihkan perekonomian di lokasi tersebut.

"Sehingga masyarakat Mentawai bisa melanjutkan kehidupannya. Dalam artian memulai kehidupan yang lebih baik dan sejahtera," kata Puan seusai mengunjungi Desa Bulasat, Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Kamis (28/4/2016).

Puan menuturkan, saat berada di Kepulauan Mentawai, dirinya sempat berdialog dengan warga dan melihat rumah-rumah yang sudah dibangun dengan bantuan pemerintah.

Sampai saat ini, tercatat 2072 rumah sudah selesai dibangun dan menjadi tempat tinggal warga setempat. Selain infrastruktur, lanjut Puan, Kepulauan Mentawai juga memerlukan peningkatan layanan pendidikan dan kesehatan.

Dia berharap, kepala daerah dan kementerian terkait dapat meresponsnya dengan memberikan kartu Indonesia Sehat, kartu Indonesia Pintar, dan program Keluarga Harapan untuk masyarakat Mentawai.

"Kami meminta koordinasi kepala daerah, begitu pula komitmen kementerian dan lembaga untuk segera melakukan percepatan dengan memberikan program secara terintegrasi," ujarnya.

Saat berkunjung ke Mentawai, Puan didampingi Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, dan Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com