Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa di Mentawai, Sejumlah Warga Bengkulu Siaga Malam Ini

Kompas.com - 02/03/2016, 22:52 WIB
Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com — Sebagian warga di Bengkulu bersiaga sepanjang malam ini setelah terjadi gempa berkekuatan 7,8 skala Richter di Kepulauan Mentawai, Rabu (2/3/2016) malam.

Elly Suparti (51), warga Timur Indah, Kota Bengkulu, mengaku tidak akan tidur lelap sepanjang malam ini.

"Saya pesan kepada anak-anak untuk tidak tidur terlalu lelap dan berjaga secara bergantian," kata Elly.

Meskipun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika telah mencabut peringatan tsunami, Elly masih trauma dengan gempa besar yang melanda Bengkulu pada tahun 2000.

Pada 4 Juni 2000, Bengkulu dilanda gempa berkekuatan 7,3 skala Richter yang mengakibatkan kerusakan puluhan ribu bangunan serta menewaskan puluhan orang.

Kesiagaan juga ditunjukkan oleh Tasril dan warga lainnya. Tasril mengatakan, dia telah menyiagakan mobil dan memisahkan barang-barang berharga agar sewaktu-waktu dapat dibawa.

"Mobil telah saya siapkan jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Begitu juga surat berharga, seperti ijazah sekolah anak-anak," ujarnya.

Gempa di Kepulauan Mentawai sempat dirasakan oleh warga di beberapa daerah di Bengkulu. BMKG setempat mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga terhadap bencana susulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com