Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggalkan Jakarta dan Dunia Artis, Arumi Bachsin Resmi Pimpin PKK Trenggalek

Kompas.com - 18/02/2016, 21:56 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Arumi Bachsin resmi menjabat Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Trenggalek periode 2016-2021 setelah dilantik oleh Ketua PKK Jawa Timur Nina Kirana Soekarwo di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (18/2/2016).

Arumi yang dikenal sebagai artis sinetron kini tinggal di Trenggalek menemani suaminya, Emil Dardak, yang telah dilantik menjadi Bupati Trenggalek pada Rabu kemarin.

Arumi juga ikut hadir saat suaminya dilantik menjadi kepala daerah kemarin. Ia berkomitmen meningkatkan PKK di Trenggalek dan meninggalkan dunia keartisan yang telah membesarkan namanya.

"Terus terang, suami membebaskan dan mempersilakan saya memilih, tapi pilihan saya mendampinginya di Trenggalek," ujar Arumi seperti dikutip Antara, Rabu.

Ia menyadari bahwa jabatan Ketua Tim Penggerak PKK tak mungkin ditinggalkan, bahkan diharapkan lebih baik dari sebelumnya.

Hari ini, Arumi dan 16 istri kepala daerah se-Jawa Timur dilantik sebagai ketua PKK daerahnya masing-masing. Selain sebagai Ketua PKK, para istri kepala daerah juga merangkap sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di daerahnya masing-masing.

Kompas TV Kepala Daerah Kece Dari Trenggalek

Kepada istri-istri bupati dan wakil kota, Nina Kirana berharap agar mereka memosisikan diri membantu dan peduli terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat serta mampu memberikannya solusi.

Ia mengingatkan bahwa PKK tidak berafiliasi pada kelompok tertentu dan berkomitmen bersama kader-kadernya tidak berpolitik praktis.

"PKK bukan pula kelompok arisan dan PKK wajib membina masyarakat dan bekerja sama dalam berbagai hal, seperti menanggulangi masalah kesehatan, mengungkit pemberdayaan ekonomi perempuan dan yang lain," kata Nina, Kamis.

"Pendekatan dari hati ke hati itu ciri khas gerakan PKK, tidak instruktif tapi persuasif," ucap ibu tiga anak tersebut.

Selain Trenggalek, pelantikan juga diikuti oleh Ketua PKK Sidoarjo, Banyuwangi, Situbondo, Mojokerto, Sumenep, Gresik, Lamongan, Jember, Kediri, Ngawi, Malang, Blitar Ponorogo, Kota Surabaya, Kota Pasuruan, dan Kota Blitar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com