Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar: Penanganan Abrasi Jangan Ditunda-tunda, Gitu Bro...

Kompas.com - 11/02/2016, 06:00 WIB
Kontributor Demak, Ari Widodo

Penulis

DEMAK, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyayangkan kucuran bantuan Pemerintah Provinsi Jateng ke Kabupaten Demak yang tidak merata penyalurannya.

Orang nomor satu di Jateng itu mengingatkan, bantuan dari Pemerintah Provinsi Jateng untuk Kabupaten Demak, setiap tahunnya termasuk paling banyak dibandingkan kabupaten/kota lainnya.

Terutama di wilayah pesisir Kecamatan Sayung, yang terdampak rob cukup parah akibat abrasi pantai, bantuan tidak sesuai kuota. Masih banyak pos yang belum tersentuh perhatian Pemkab Demak.

"Sensitivitas politik harus kita lakukan. Makanya saya datang ke sini (ke wilayah Pesisir Sayung) agar ini (ketimpangan bantuan) dihentikan. Bantuan harus sampai ke wilayah pinggiran. Kasihan masyarakat kita," tegas Ganjar seusai meninjau wilayah terdampak rob di Dukuh Nyangkringan, Desa Sriwulan, Kecamatan Sayung, Demak, Rabu (10/2/2016).

Ganjar menambahkan, terkait permasalahan abrasi di wilayah pesisir Demak, terutama di Kecamatan Sayung harus diselesaikan secara opimal, dan dibutuhkan kajian yang komprehensif oleh profesional di bidangnya serta dukungan dari masyarakat untuk mengatasi abrasi.

"Pemerintah saat ini tengah merancang Detail Engineering Design (DED) untuk pembuatan sabuk pantai sepanjang 15 Kilometer yang membentang mulai wilayah Kecamatan Sayung hingga Kecamatan Wedung," kata Ganjar.

"Selain sabuk pantai, abrasi di wilayah tertentu bisa diminimalisir dengan mangrove. Yang terpenting pemerintah harus segera melangkah, penanganan abrasi pantai jangan ditunda-tunda, gitu bro," tambahnya kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com