Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BIN Minta Masyarakat Tidak Mengucilkan Din Minimi

Kompas.com - 30/12/2015, 07:06 WIB
Kontributor Lhokseumawe, Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Badan Intelijen Negara (BIN) meminta agar masyarakat tidak mengucilkan kelompok bersenjata yang dipimpin Din Minimi di Aceh.

Sebanyak 120 anggota kelompok itu telah turun gunung dan menyerahkan puluhan amunisi, belasan senjata berbagai jenis, granat, dan pelontar granat ke BIN.

"Saya minta masyarakat tetap berkomunikasi, berinteraksi, dan memperlakukan Din Minimi dan kelompoknya ini sama seperti saudara juga," sebut Kepala BIN Sutiyoso saat di Lido Graha Hotel, Lhokseumawe, Aceh, Senin (29/12/2015) kemarin.

Dia menyebutkan, dukungan masyarakat sangat penting agar seluruh mantan anggota kelompok bersenjata itu kembali akrab dan bersosialisasi dengan komunitas masyarakat.

Selain itu, pria yang akrab disapa Bang Yos ini memastikan aparat keamanan menjamin keselamatan seluruh anggota Din Minimi setelah menyerahkan diri.

Bang Yos menyatakan tidak ada perlakuan khusus untuk Din Minimi dan kelompoknya.

Ia juga memastikan tidak ada tumpang tindih antara aparat TNI dan Polri dalam menangani kelompok Din Minimi. 

“Tidak ada tumpang tindih. Kita rembukan semua dengan polisi dan TNI. Kebetulan saja, pas saya bicara Din Minimi mau menyerahkan diri,” pungkas Bang Yos.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bang Yos, menjemput Din Minimi ke pegunungan Kecamatan Julok, Aceh Timur. Bahkan, Bang Yos menginap di rumah Din Minimi bersama Juha Cristensen dari Crisis Management Initiative (CIM) Finlandia yang selama ini terlibat dalam proses perundingan GAM dan Pemerintah RI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com