Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Tasikmalaya, Seorang Warga Tertimbun Saat Mandi di Bawah Tebing

Kompas.com - 26/11/2015, 11:37 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Ujang (47), warga Pamoyanan, Desa Kertamukti, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, tertimbun longsor saat tengah mandi di bawah tebing setinggi puluhan meter.

Korban sempat diingatkan oleh saksi mata yang berada di atasnya, tetapi diduga tak mendengarkan teriakan bahaya longsor.

"Saya teriak ke bawah ada yang mandi. Saya melihat ada orang di bawah dan ada longsoran tanah yang sangat besar dari pinggir jalan ke bawah. Korban sedang mandi di tempat mandi umum sebuah kolam, tepat di bawah longsoran tebing," kata salah seorang saksi mata, Ayi Sunarya, di lokasi kejadian, Kamis (26/11/2015) pagi.

Ayi menambahkan, kejadian berawal saat hujan deras mengguyur wilayah Tasikmalaya sejak siang sampai tengah malam Rabu kemarin. Longsoran tanah awalnya terasa seperti gempa dan membuat perabotan di rumah warga bergetar selama beberapa detik.

Ayi dan istri beserta anaknya kaget dan melihat kondisi di luar rumah. Dia melihat jelas tiga bangunan di pinggir rumahnya perlahan-lahan ambles dan jatuh ke jurang.

"Kalau yang sedang makan di rumah makan yang ambles terbawa longsor saya lihat sempat berlarian keluar. Setelah mereka berhasil keluar, tiga bangunan ambles ke bawah," kata Ayi, yang memiliki rumah di pinggir jalan sejajar dengan tiga bangunan yang ambles.

Setelah tiga bangunan ambles terbawa longsoran, kata Ayi, dia beserta warga setempat langsung berlarian ke bawah untuk memanggil korban yang sedang mandi. Namun, korban diduga tak berhasil menyelamatkan diri dan tertimbun longsoran.

"Langsung tertimbun longsor. Soalnya longsoran besar dan menimpa seluruh kolam di bawah," kata dia.

Sampai sekarang, petugas BPBD, kepolisian, dan TNI masih melakukan evakuasi terhadap korban tertimbun longsor. Lokasi kejadian di pinggir jalan pun dipasangi garis polisi untuk menghindari korban longsor susulan.

Sesuai data dari BPBD Kabupaten Tasikmalaya, tiga warga di Kampung Tagog, Desa Karangmukti, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, tertimbun longsoran tanah sebuah tebing dengan tinggi puluhan meter pada Rabu (25/11/2015) sore sekitar pukul 16.00 WIB.

Longsor di daerah itu terjadi setelah diguyur hujan terus-menerus sejak siang sampai saat ini. Namun, sampai sekarang, belum bisa dipastikan berapa orang korban longsor tersebut. Pasalnya, proses evakuasi masih berlangsung dan belum ada satu pun jenazah yang berhasil ditemukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com