Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Ton Buku Perpusda Kalbar Dijual ke Penampung Barang Bekas

Kompas.com - 20/11/2015, 22:20 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.com- Ribuan buku berbagai judul dan berstempel Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kalbar dijual ke sebuah tempat penampungan barang bekas di Pontianak awal pekan ini.

Ribuan buku itu yang diangkut menggunakan satu unit mobil perpustakaan keliling itu beratnya lebih dari satu ton.

Namun, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpusda Kalbar, Untad Dharmawan, membantah pihaknya telah menjual buku-buku tersebut ke pengepul barang bekas.

Menurutnya, buku milik Perpusda Kalbar tidak boleh diperjualbelikan.

Untuk membuktikan hal itu, Tribun Pontianak mendatangi lokasi penampungan barang bekas, Selasa (17/11/2015) siang.

Di sana, sejumlah pekerja sedang melepas sampul buku-buku itu satu per satu. Entah sudah berapa banyak buku yang dikupas sampulnya.

Buku yang telah dikupas sampulnya kemudian dimasukkan ke dalam karung beras berukuran 50 kilogram. Setiap karung yang telah penuh terisi buku, diikat erat.

Tak jauh dari tumpukan karung-karung tersebut, tergeletak 5 dus besar yang berisi ratusan buku. Buku-buku dalam kardus tersebut, belum seluruhnya dikuliti sampulnya.

Tribun kemudian memilah-milah buku mana saja yang masih bisa diselamatkan. Setelah dipilah, Tribun menebus 60 kilogram buku aneka jenis.

Buku-buku tersebut, kemudian dikembalikan ke Perpusda Kalbar, pada Rabu (18/11/2015).

Mengetahui buku-buku tersebut akan disumbangkan, pemilik penampungan barang bekas, sebut saja bernama Ian, langsung memberikan potongan harga.

"Saya akan kurangi harganya. Kalau tadi Rp 2.500 per kilogram, sekarang Rp 1.500 pun satu kilogram tak apa-apa," katanya.

Ia mengatakan buku-buku ini disortir dengan cara dikuliti sampul. Buku yang "telanjang" selanjutnya dikirim ke pengepul kertas yang lebih besar di Jakarta untuk didaur ulang.

Selain dijual lagi ke Jakarta, buku juga dijual kepada siapa saja yang hendak membelinya. Ian menjualnya Rp 2.500 per kilogram.

Ian mengaku membeli ribuan buku tersebut seharga Rp 1.100 per kilogram atau sekitar Rp 1 juta lebih.

"Hari Minggu kemarin datang (Buku. Red) nya. Orang pakai mobil Perpustakaan Keliling yang datang, bawa buku ini ke sini," ucap Ian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com