Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Pesawat Trigana di Papua Dilakukan Besok

Kompas.com - 16/08/2015, 18:29 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pencarian pesawat Trigana Air yang hilang kontak di Papua dipastikan dilakukan pada Senin (17/8/2015).

"Karena tidak mungkin tim SAR itu ke lokasi malam ini, jadi besok akan turun," ujar Kepala Polri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti saat dihubungi Kompas.com, Minggu (16/8/2015).

Namun, Badrodin menegaskan bahwa dalam peristiwa kecelakaan pesawat, kewenangan berada di Badan SAR Nasional (Basarnas). Saat ini, polisi di Polda Papua tengah berkoordinasi dengan tim Basarnas.

"Kami (polisi) hanya back up saja. Saat ini, tim kami dari Polda Papua sedang berkoordinasi dengan Basarnas untuk bantu pencarian," ujar dia.

Sejauh ini, Badrodin memastikan hanya akan menurunkan personel dari Polda Papua untuk mendukung upaya pencarian oleh Basarnas. Namun, jika dibutuhkan, pihaknya akan menerjunkan tambahan personel dari Jakarta.

Badrodin mengatakan, perkiraan lokasi dari keberadaan pesawat yang jatuh itu telah diketahui. Namun, lokasi tersebut belum dijangkau. Ia berharap proses pencarian esok hari tidak menemui kendala.

"Kalau sudah ketemu lokasinya, tentu lebih mudah. Kita berdoa saja yang terbaik," lanjut Badrodin.

Pesawat ATR dari Trigana Air dengan nomor penerbangan IL 267 dilaporkan hilang kontak dalam penerbangan Jayapura-Oksibil, Minggu siang. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Papua Komisaris Besar Patrige, Minggu di Jayapura, mengatakan, pihaknya mendapat informasi bahwa pesawat membawa 49 penumpang.

Pilot pesawat adalah Kapten Hasanudin. Ia didampingi kopilot bernama Aryadin dan awak kabin mekanik bernama Mario, serta pramugari bernama Ika dan Dita. Pesawat tersebut terbang dari Jayapura sejak pukul 14.22 WIT. Penerbangan Jayapura-Oksibil biasanya membutuhkan waktu 55 menit. Pesawat yang diterbangkan Kapten Hasanudin seharusnya tiba di Oksibil pada pukul 15.15 WIT. Namun, pesawat hingga kini belum mendarat.

Pihak Trigana Air mendapat laporan dari warga bahwa pesawat itu jatuh dekat Oksibil. Upaya pencarian dengan pesawat lain juga sudah dilakukan, tetapi terkendala cuaca sehingga lokasi belum dapat dipastikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com