Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran di Aceh, Jokowi Ingin Rakyat Merasa Dekat dengan Presiden

Kompas.com - 17/07/2015, 09:28 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis


BANDA ACEH, KOMPAS.com — Pelaksanaan shalat Idul Fitri di Banda Aceh dipusatkan di Masjid Raya Baiturrahman. Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana pun menunaikan shalat Idul Fitri 1436 Hijriah di sana, Jumat (17/7/2015).

Ini merupakan shalat Id di Baiturrahman pertama kali yang dihadiri presiden. Ribuan warga memenuhi masjid untuk shalat Id. Bertindak sebagai khatib di Masjid Baiturrahman adalah Ustaz Ali Jabeer, seorang ulama asal Arab Saudi yang sengaja didatangkan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh, untuk menjadi khatib pada pelaksanaan shalat Id tahun ini.

Dalam khotbahnya, khatib mengimbau umat Muslim untuk memperkuat nilai-nilai kesatuan antar-umat untuk bisa menjadi benteng bagi hal-hal yang merusak iman dan akidah. Di barisan depan, Jokowi duduk didampingi oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah.

"Kita sangat berbangga Presiden bisa hadir bersama rakyat Aceh saat ini untuk merayakan hari raya yang menjadi hari kemenangan bagi umat Muslim. Pemerintah daerah pun akan meminta kepada Presiden agar pemerintah pusat bisa fokus terus terhadap proses pembangunan di Aceh," ujar Zaini, Jumat (17/7/2015).

Setelah melaksanakan ibadah shalat Id, Jokowi dan rombongan akan melakukan silaturahim dengan warga di kawasan museum tsunami PLTD Apung, Punge Blang Cut, Banda Aceh. Selain makan bersama, Jokowi juga akan membagikan paket sembako Idul Fitri bagi warga.

Sebelumnya, tadi malam, saat melepas pawai takbir di Banda Aceh. Jokowi yang didampingi Zaini Abdullah, Wali Nanggroe Malik Mahmud melafalkan takbir sebelum memukul beduk, tanda dimulai pelepasan pawai takbir akbar.

Jokowi mengaku ingin agar semua masyarakat Indonesia merasakan kedekatan mereka dengan presidennya. Oleh karena itu, Jokowi memutuskan untuk merayakan Idul Fitri 1436 H di Aceh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com