Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua MPR: Fokus Persiapkan Lebaran, Jangan Hanya Ngomongin "Reshuffle"

Kompas.com - 07/07/2015, 15:28 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan meminta pemerintah untuk fokus dalam persiapan Lebaran daripada asyik membicarakan soal reshuffle kabinet.

"Lebaran ini harus fokus, jangan hanya ngomongin isu reshuffle. Fokus sediakan bahan pokok, kebutuhan Lebaran, kebutuhan Ramadhan," ujar Zulkifli Hasan seusai membuka acara pelatihan ekonomi syariah di Aula STAIPI Ciganitri Bandung, Selasa (7/7/2015).

Namun, sambunglanjut Zulkifli, bukan hanya ketersediaan pangan yang jadi fokus pemerintah. Melainkan barang-barang kebutuhan Ramadhan dan Lebaran tersebut harus terjangkau harganya.

"Barangnya ada kalau ga bisa beli gimana?" tutur Zulkifli.

Dia menekankan, pemerintah harus membuat Lebaran aman, nyaman, angkutan tersedia, tentunya dengan harga terjangkau. Karena saat musim mudik, jutaan manusia akan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya sehingga pemerintah tidak bisa main-main.

Mengenai kemungkinan perbedaan waktu pelaksanaan shalat Iedul Fitri, Zulkifli mengatakan, persoalan Idul Fitri adalah masalah keyakinan sehingga dia mempersilakan umat muslim menyelenggarakan ibadahnya sesuai dengan keyakinan masing-masing.

"Buat apa bertengkar hal gituan, Allah yang menentukan masuk surga atau tidaknya. Yang penting bagaimana ekonomi umat tumbuh, SDM mumpuni, sehingga bisa menghadapi MEA," imbuhnya.

Seperti pelaksanaan pelatihan ekonomi syariah, lanjutnya, dengan pelatihan, masyarakat menjadi familiar, terbiasa, dekat dengan masyarakat. Ia berharap, dengan pelatihan itupun masyarakat memiliki akses terhadap lembaga keuangan dimanapun mereka berada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com