Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Paedofilia Meningkat, Orangtua Diminta Waspada

Kompas.com - 15/04/2015, 12:44 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Tren kasus paedofilia di Jawa Timur dilaporkan terus meningkat. Jumlah kasus yang terjadi naik dari tahun 2014 ke 2015.

Data di Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polrestabes Surabaya menujukkan, sepanjang 2014, ada 132 kasus paedofilia yang dilaporkan (baca selengkapnya: Polisi: Rata-rata Tiap Dua Hari, Ada Paedofil Beraksi). Sementara itu, di Kabupaten Malang, Unit PPA Polres Malang 2014 menangani 290 kasus pedofilia sepanjang 2014 dan pada 2015 sudah muncul 27 kasus selama Januari-Maret.

Kepala Unit PPA Polres Malang Iptu Sutiyo mengingatkan warga dan orangtua agar memberi perlindungan penuh terhadap anak-anak. Pasalnya, dari sekian banyak kasus kekerasan seksual terhadap anak, banyak pelakunya adalah orang-orang terdekat.

“Lingkungan dalam keluarga bisa membentuk karakter anak. Jangan didik anak dengan kekerasan. Itu tidak memberikan dampak positif kepada anak,” kata Sutiyo, Selasa (14/4/2015).

Sutiyo juga meminta orangtua agar bisa mengawasi anak dari jangkauan teknologi. Pesatnya teknologi berbanding lurus dengan pesatnya informasi yang diterima. Jika salah memilih informasi, anak cenderung terjerumus.

Polres Malang berupaya menekan angka kekerasan seksual terhadap anak melalui pendekatan terhadap warga.

Polres Malang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang dan P2TP2A secara rutin mengedukasi warga tentang bahaya kekerasan terhadap perempuan dan anak. (ben/day/bni)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com