Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkaian Hari Suci Nyepi, Polresta Denpasar Siap Bantu Desa Adat

Kompas.com - 15/03/2015, 19:11 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Polresta Denpasar siap mengamankan rangkaian upacara Hari Suci Nyepi Tahun Baru Caka 1937 di mana umat Hindu melakukan berbagai rangkaian upacara adat.

Nyepi yang jatuh pada 21 Maret 2015 mendatang akan dirangkai dengan berbagai prosesi upacara sebelum dan sesudah Nyepi.

“Kalau kita yang disipakan adalah personel, sarana dan prasarana yang ada di tempat kita (Mapolresta) untuk ditugaskan di titik-titik rawan seperti Melasti (ritual di pantai dan danau). Melasti kan masalahnya soal kemacetan, masyarakat yang menuju pantai yang perlu dikawal,” kata Kapolresta Denpasar Kombes Pol Djoko Hari Utomo, Denpasar, Bali, Minggu (15/3/2015).

Kapolresta Djoko juga menyampaikan, untuk upacara Melasti sudah banyak masyarakat adat yang memohon pengawalan agar perjalanan dari tempat tinggalnya menuju pantai berjalan lancar.

Kawasan yang biasa dijadikan upacara Melasti adalah sepanjang Pantai Sanur, sepanjang Pantai Kuta, Legian dan Kerobokan, Pantai di Nusa Dua dan Benoa.

“Sudah ada juga yang meminta pengawalan dari anggota Polri. Dan kita siapkan mobil patroli untuk melakukan pengawalan menuju pantai. Permohonan pengawalan ini sudah dilakukan oleh pemangku adat,” tambah dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com