Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Kab Bandung Surut, Rumah Warga akan Disemprot Disinfektan

Kompas.com - 28/12/2014, 08:26 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Memasuki hari ke sepuluh, banjir di Kabupaten Bandung sudah mulai surut, bahkan ada yang telah kering. Dari delapan kecamatan yang sebelumnya terendam, kini tinggal tiga lokasi yang masih kebanjiran.

Ketiga lokasi tersebut yakni Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot, dan Bojongsoang. Adapun ketinggian air tertinggi saat ini sekitar 1,5 meter, turun dari sebelumnya 3 meter. "Asalnya kan 3 meter. Sekarang terus menyusut hingga 1,5 meter," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Marlan melalui telepon, Minggu (28/12/2014).

Marlan mengatakan, pihaknya tetap melakukan penanggulangan pascabanjir. BPBD bekerjasama dengan sejumlah pihak seperti Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung untuk membersihkan rumah warga beserta perabotannya agar terbebas dari masalah kesehatan.

"Nanti Dinas Kesehatan memberikan cairan berupa disinfektan kepada warga untuk membersihkan perabotan mereka. Tim juga bantu," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Bandung, Achmad Kustijadi mengatakan, banjir ini sudah berlangsung selama 10 tahun. Karena itu pihaknya sudah siap dengan berbagai tahapan dan proses penanganannya. "Kami terus pantau kesehatan warga yang terkena banjir, termasuk penanganan pascabanjir," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com