Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Apakah Sebetulnya "Wisma Banceuy 40 A" Itu?

Kompas.com - 14/12/2014, 10:46 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAs.com — Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah Satpol PP Kota Bandung Teddy Wirakusumah menegaskan, pihaknya kini masih melakukan pendalaman terhadap Wisma Banceuy 40 A pasca-penggerebekan pada Selasa (9/12/2014) lalu.

"Kita sedang dalami," kata Teddy saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu, (14/12/2014). 

Salah satu pendalaman yang dilakukan Satpol PP Kota Bandung, kata Teddy, ialah akan memanggil pemilik gedung berlantai tiga dengan jumlah 55 kamar itu. "Akan kita periksa pemiliknya, besok Senin," katanya.

Pemeriksaan kepada pemilik bangunan bernomor 40 A itu, kata Teddy, untuk mengetahui sebenarnya apa saja yang terjadi di Wisma Banceuy 40 A itu. "Karena, pada saat penggerebekan, kita menemukan beberapa pasangan di dalam kamar yang diduga akan dan telah berbuat asusila karena kan tidak mungkin tengah malam berduaan di dalam kamar, lalu pasangan-pasangan itu kita amankan," katanya. 

Selain itu, Satpol PP akan memeriksa terkait perizinan bangunan berlantai tiga itu. "Apakah ada pelanggaran Perda atau tidak? Apakah sesuai dengan Perda Kota Bandung bahwa itu kos-kosan yang memiliki di atas 10 kamar. Apakah itu sebuah usaha? Karena kan kalau usaha harus ada izin usahanya juga, kemudian ada izin air tanah, atau harus ada surat pengamanan pengendalian lingkungan (SPPL)," katanya. 

Yang jelas, kata Teddy, untuk sementara ini, Wisma Banceuy 40 A belum terbukti sebagai tempat prostitusi. "Sementara ini belum terbukti," katanya. 

Wisma Banceuy 40A ini hangat diperbincangkan menyusul adanya kasus pelemparan kantor Satpol PP di Alun-alun Bandung di Jalan Dalem Kaum, Bandung, beberapa waktu lalu. Setelah pelemparan itu, beredar sejumlah kertas berukuran A4 berisi tulisan, foto, dan karikatur Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang ditempel di sana. Pesan di dalam kertas itu, selain menyudutkan Wali Kota, juga menyebutkan bahwa bangunan di Jalan Banceuy 40 A adalah sebagai tempat pelacuran dan wanita simpanan pejabat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com