Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalau Setor Sampah, Bayar Listrik Dapat Potongan

Kompas.com - 04/12/2014, 11:02 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil ditawari bantuan corporate social responsibility (CSR) dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, bantuan yang ditawarkan oleh PLN harus terfokus dalam solusi penyelesaian masalah sampah.

"PLN mau kasih CSR, mereka akan fokus ke persampahan seperti memberikan bantuan berupa biodigester juga bantu bank sampah," kata Emil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Kota Bandung, Kamis (4/12/2014).

Selain itu, kepada PLN, Emil menawarkan gagasan lainnya dalam menyalurkan bantuan. Menurut dia, agar warga Kota Bandung meminati dan menggunakan bank sampah, Emil meminta kepada PLN agar memberikan potongan biaya listrik kepada orang yang menyetorkan sampah ke bank sampah.

"Gagasan sedang dimatangkan, bagaimana jika langsung saja ke hajat hidup orang Bandung, yaitu listrik. Jadi, nyetor sampah dapat voucer pengurangan biaya listrik dari Rp 100.000 bayar cuma Rp 90.000 misalnya. Sekarang lagi digodog sebulan lagi matang insya Allah," tuturnya.

Soal jenis sampah yang dibutuhkan, Emil mengatakan bahwa sampah tersebut harus sampah industri yang bisa didaur ulang atau memiliki harga jual kembali. Tidak hanya dengan PLN, Emil juga merencanakan kerja sama serupa dengan Toko Buku Gramedia.

"Dengan Gramedia juga sama, jadi nanti nyetor sampah dapat buku atau setor sampah dapat diskon listrik," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com