Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atlet Panjat Tebing dari 12 Negara Bertanding di Lombok

Kompas.com - 01/10/2014, 22:48 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Puluhan atlet panjat tebing dari 12 negara bertanding di ajang kejuaraan Asian Sport Climbing Championship 2014 yang digelar di Gelanggang Pemuda, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) dari 1 hingga 3 Oktober 2014.

Ketua I Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Ricky Tarore menjelaskan, pertandingan ini diikuti oleh pemanjat tebing kelas dunia seperti dari Korea, Tiongkok dan Iran. Sementara Indonesia diperkuat oleh Aspar Jaelolo dan Tita Supita yang baru saja mengikuti World Championship di Gijon, Spanyol.

Mereka akan bertanding memperebutkan juara panjat tebing tingkat Asia yang diikuti 12 negara seperti Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Singapura, Thailand, Hongkong, Taiwan, Iran, India, Kazahstan dan Tiongkok.

Ricky mengatakan, kejuaraan panjat tebing ke-22 tingkat Asia ini merupakan kali kedua digelar di Indonesia. Sebelumnya, Indonesia pernah menjadi tuan rumah kejuaraan yang sama pada 1996.

"Ini merupakan event kedua yang dilakukan di Indonesia, pertama tahun 1996," kata Ricky, Rabu (1/10/2014).

Menurut Ricky, Indonesia memiliki peluang besar dari kategori speed putri yaitu emas, perak dan perunggu. Sementara untuk pria, Indonesia memiliki peluang di kategori lead dan bolder.

Dia berharap kompetisi ini sekaligus untuk mendukung agar Indonesia bisa bersaing di tingkat internasional. Termasuk mengantarkan atlet-atlet Indonesia seperti Aspar Jaelolo dan Tita Supita untuk dapat meraih juara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com