Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Lupa Matikan Kipas Angin, Rumah Ludes Terbakar

Kompas.com - 26/09/2014, 15:15 WIB

PASURUAN, KOMPAS.com - Sebuah rumah di komplek pemukiman padat di Jalan Hasanudin I, no 45 RT 2 RW 5, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan ludes terbakar, pada Jumat (26/9/2014) sekitar pukul 12.00.

Gara-garanya, si pemilik rumah, Sugeng Tegug (25), lupa mematikan kipas angin sehingga menyebabkan konsleting listrik.

"Sebelumnya saya tidur di lantai atas, karena panas saya pindah tidur ke bawah. Saya lupa mematikan lampu dan kipas angin, "terangnya saat ditemui di lokasi, Jumat (26/9/2014) siang.

Setelah turun ke bawah, ia kemudian melanjutkan tidurnya di kamar bawah.

Selang beberapa menit kemudian, dirinya terbangunkarena mendengar suara kayu yang sedang terbakar.

"Bunyi kretek-kretek gitu, begitu saya bangun ternyata api sudah membakar bagian atas rumah saya. Lalu saya teriak-teriak minta tolong ke tetangga," katanya.

Dia menuturkan, kemungkinan api disebabkan konsleting listrik dari roll kabel yang terbakar. Sebab, pada saat turun ke kamar bawah dirinya mengaku lupa mematikan lampu dan kipas.

"Dulu juga pernah konselt, tapi cuma terbakar colokannya saja," ucapnya.

Teguh mengatakan, api cepat membesar karena lantai kamar di bagian atas terbuat dari bambu dan kayu."Habis terbakar semua, karena lantainya dari bambu," kata anak kedua dari dua orang bersaudara ini.

Sementara itu, Luluk Herniati (42) siang itu mendengar suara ledakan.

"Saya dengar suara ledakan seperti lampu konslet, trus juga ada suara orang lagi menyiram. Ternyata, rumah sebelah terbakar," ujarnya.

Api akhirnya berhasil dipadamkan setelah satu unit mobil Pemadam Kebakaran Kota Pasuruan datang ke TKP. Sekitar pukul 13.00 WIB, petugas dibantu warga berhasil memadamkan api. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Satu jam berhasil dipadamkan. Cuma butuh satu tangki air," kata petugas PMK, Nuryanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com