Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prioritas, Logistik Pilpres untuk Desa yang Cuma Bisa Dijangkau dengan Jalan Kaki

Kompas.com - 04/07/2014, 09:03 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Untuk memastikan pelaksanaan pilpres bisa berlangsung serentak di semua TPS pada 9 Juli 2014 mendatang KPUD Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Jumat (4/7/2014), mulai mendistribusikan logistik pemilu seperti surat suara, kotak suara, bilik suara dan kebutuhan logistik lainnya ke dusun-dusun terpencil, seperti kecamatan Tutar, Alu, dan sejumlah pulau-pulau di wilayah Polewali Mandar.

Sementara itu, surat suara untuk wilayah kota baru akan didistribusikan sehari sebelum pencoblosan.

Seluruh kebutuhan logistik pemilihan presiden seperti kotak suara, bilik suara, surat suara, tinta, amplop dan segel surat suara masing-masing TPS, terutama untuk dusun-dusun terpencil yang harus dijangkau dengan berjalan kaki berjam-jam untuk sampai ke lokasi, mendapat prioritas giliran.

Logistik pemilu tahap awal ini didistribusikan ke masing-masing PPK dan hari ini juga akan langsung didistribusikan ke masing-masing PPS. Dijadwalkan, seluruh kebutuhan logistik terutama untuk dusun terpencil yang tidak bisa dijangkau angkutan umum atau kendaraan dipastikan sudah tiba di masing-masing TPS paling lambat sehari sebelum pilpres digelar.

Syek Usman, Divisi Logistik KPUD Polewali Mandar, memastikan seluruh kebutuhan logistik paling lambat sudah berada di semua TPS sehari sebelum pencoblosan.

“Semua logistik pilpres kita pastikan sudah berada di TPS. Agar bisa tepat waktu kita prioritaskan TPS terpencil yang sulit dijangkau,” ujar Syek Usman.

Jumlah DPT untuk Pilpres di Polewali Mandar sendiri sebanyak 306.226 atau bertambah 1.982 pemilih dari pileg sebelumnya. Jumlah pemilih laki-laki 148.889 dan perempuan 157.337. Pemilih ini terdaftar pada 789 TPS di 16 kecamatan.

Pemilih terbanyak di Polewali Mandar tercatat di Kecamatan Campalagian sebanyak 41.858 orang, kemudian disusul Polewali sebanyak 41.603 pemilih dan terbanyak ketiga di Kecamatan Wonomulyo sebesar 34.015 pemilih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com