Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Filipina Belajar Penanganan Pasca-bencana ke Yogyakarta

Kompas.com - 07/05/2014, 17:17 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Rombongan pemerintah Filipina hari ini, Rabu (07/05/2014) berkunjung ke kantor Gubernur DIY di kompleks Kepatihan. Kedatangan mereka untuk menimba ilmu penanganan pasca-bencana.

"Pemerintah Filipina ingin belajar tentang penanganan pasca-bencana," jelas Kepala BPBD DIY Gatot Saptadi, Rabu (07/05/2014).

Gatot menjelaskan, kunjungan pemerintah Filipina ke Yogya dilatarbelakangi problem yang sama terkait kebencanaan seperti gempa bumi dan erupsi gunung api. Akibat bencana tersebut, banyak rumah warga Filipina yang hancur.

Jika dilihat dari jumlahnya, kata Gatot, bencana di Filipina memiliki daya rusak yang tinggi. Terakhir, tahun lalu Filipina dilanda bencana badai Yolanda yang merusak sekitar 1 juta rumah.

Penanganan pasca-bencana itulah yang ingin dipelajari Filipina di Yogyakarta. Sebab mereka kagum dengan kecepatan penanganan pasca-bencana di DIY.

"Filipina ingin tahu langsung dari Sultan, bagaimana penanganan pasca-bencana. Kenapa bisa secepat ini pulihnya," katanya.

Cepatnya proses rekonstruksi pasca-bencana di DIY, menurut Gatot, karena kearifan lokal yang masih terjaga. Masyarakat Yogya tangguh dalam menghadapi bencana. Selain itu ada faktor pengaruh kepemimpinan DIY oleh Sultan HB X.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com