Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temuan 2 Arca di Dusun Candi Bukan Kali Pertama

Kompas.com - 23/04/2014, 04:19 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Warga Dusun Candi, Desa Ringin Anom, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mengungkapkan sering menemukan benda-benda berupa batu purbakala.

"Warga juga pernah menemukan batu bata berukuran besar, mirip batu bata pada bangunan candi kerajaan Majapahit," ujar Alex Suyono (30), salah satu warga, Selasa (22/4/2014). Dari informasi yang diperolehnya, di wilayah Dusun Candi juga terdapat bangunan candi yang masih terpendam.

Namun, karena letak bangunan yang diduga candiitu di bawah makam dusun, warga tidak berani menggali atau memindahkan benda-benda itu. "Sudah banyak peneliti yang datang ke sini, mereka sering melihat-lihat lokasi penemuan (benda purbakala), kemudian mengukur-ukurnya," tutur Alex.

Sebelumnya diberitakan, tiga pekerja pembuat bata tidak sengaja menemukan dua arca batu kuno saat sedang menggali tanah di Dusun Candi, Selasa. Lokasi dusun ini berjarak 5 kilometer dari Candi Borobudur.

Satu arca yang ditemukan berbentuk binatang lembu utuh, sedangkan satu arca lagi menyerupai patung manusia yang sedang bertapa tetapi bagian kepalanya sudah hilang. Benda kuno itu diduga peninggalan jaman Hindu klasik tetapi untuk memastikannya masih menunggu penelitian dari Balai Konservasi Borobudur (BKB).

Sementara itu, Babinsa Koramil 22 Tempuran, Serka Sakimun Sihombing, meminta warga segera melaporkan kepada pihak berwenang jika ada temuan serupa. "Laporan warga sangat penting agar tidak rusak atau musnah," kata Sakimun di lokasi penemuan kedua arca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com