Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam 4 Bulan Ada 4 Kekerasan, Kediri Didesak Wujudkan Kota Layak Anak

Kompas.com - 21/04/2014, 12:40 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Kalangan pegiat perlindungan anak mendesak Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur segera mengambil kebijakan khusus dalam rangka peningkatan perlindungan anak. Langkah tersebut diambil agar Kota Kediri menjadi Kota Layak Anak. Lembaga Perlindungan Anak Kota Kediri mencatat masih banyak terjadinya kekerasan terhadap anak, baik kekerasan fisik maupun kekerasan seksual. Sepanjang tahun 2012 lalu, terdapat 14 kasus kekerasan yang ditangani LPA.

“Sedangkan hanya dalam rentang empat bulan tahun ini, sudah ada empat kasus yang terjadi. Tiga kasus dalam proses hukum dan satu kasus masuk dalam restorasi,” kata Heri Nurdianto dari LPA Kota Kediri, Senin (21/4/2014).

Banyaknya kasus kekerasan tersebut, lanjutnya, harus ada perhatian nyata dari berbagai kalangan untuk menanggulanginya. Menurtunya, yang tidak kalah pentingnya adalah political will dari elite pemerintah dan dewan selaku pemangku kebijakan.

Dari elemen ini, Heri berharap lahir regulasi lokal yang diikuti dengan konsistensi dalam penegakan aturannya. Selain itu, ditunjang juga dengan politik anggaran yang memadai untuk menopang program-program yang ada dalam mewujudkan Kota Layak Anak.

“Tanpa ada keberpihakan dari penyelenggara pemerintah, mustahil Kota Layak Anak dapat terwujud,” imbuh Heri.

Heri meyakini jika banyak kalangan menempatkan empatinya pada masalah perlindungan anak ini, dan ditambah adanya keberpihakan pemerintah setempat melalui kebijakannya, maka cita-cita kota layak anak setidaknya sudah dapat diterapkan pada tahun 2015 nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com