Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LSDI: Caleg Perempuan Raih Suara Signifikan di Sumut

Kompas.com - 13/04/2014, 14:40 WIB

LABUHANBATU, KOMPAS.com
- Calon anggota legislatif dari perempuan di Labuhanbatu, Sumatera Utara, sebagian besar lolos pada Pemilu Legislatif yang digelar pada 9 April lalu. Kebanyakan dari mereka berasal dari partai Islam seperti Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Informasi itu berdasarkan pantauan Lembaga Studi Demokrasi Indonesia (LSDI-SU). Sekretaris LSDI Sumatera Utara, Fauzan Masar menjelaskan, kehadiran caleg perempuan memberikan konstribusi suara yang cukup signifikan di Sumatera Utara.

"Bahkan, adanya kemungkinan setiap caleg perempuan menyumbangkan 1 kursi di lembaga legislatif pada tingkat Kabupaten Labuhanbatu," jelasnya kepada Kompas.com, Sabtu (12/4/2014).

Menurut Fauzan, partai Islam, terutama PPP di tiga kabupaten di Sumatera Utara meraih suara siginifikan. Bahkan, kata dia, partai ini diprediksi akan bertambah kursinya di parlemen daerah.

Dijelaskan dia, Kabupaten Labuhanbatu Utara yang sebelumnya terdiri dari 3 kursi, akan meningkat menjadi 5 kursi atau 1 fraksi. Sementaraa Labuhanbatu yang sebelumnya meraih 4 kursi, diprediksi bertambah menjadi menjadi 6 kursi.

Hal serupa juga akan terjadi di Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang sebelumnya hanya meraih 2 kursi, akan meningkat menjadi 4 kursi.

Sementara untuk tingkat pusat, lanjut Fauzan, pada Dapil Sumut 2 yang terdiri dari 19 kabupaten/kota, suara partai Islam yang digawangi PPP terus mendapatkan perolehan yang cukup baik.

"Keterterimaan caleg dari PPP untuk pusat (DPR-RI) justru lebih baik daripada caleg kabupaten," kata Fauzan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com