Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Kotak Suara di Malang Rusak karena Abu Vulkanis Kelud

Kompas.com - 23/02/2014, 16:56 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com — Sebanyak 230 kotak suara yang akan digunakan untuk pemungutan suara pemilu legislatif di Kabupaten Malang, Jawa Timur, rusak karena abu vulkanis letusan Gunung Kelud. Kotak-kotak suara itu ada di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Selain ratusan kotak suara, abu vulkanik juga merusak 18 lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kecamatan tersebut.

"Temuan KPU Kabupaten Malang, dari total 500 kotak suara yang ada, sebanyak 230 kotak suara ditemukan rusak. Selain itu, juga ada 18 lokasi yang akan ditempati TPS tak bisa ditempati," kata Komisioner KPU Kabupaten Malang Divisi Perencanaan, Anggaran dan Logistik, Ummar Khayyan, Minggu (23/2/2014).

Kerusakan itu, kata Umar, karena abu vulkanis menutupi kotak-kotak suara. "Kotak suara rusak itu yang sudah tertata di kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Kotaknya tertutup debu vulkanis dengan ketebalan 10-25 sentimeter, sehingga ambruk karena tak kuat menahan beban abu vulkanis," ujar Umar.

KPU Malang telah melaporkan kerusakan ini ke KPU Pusat. "Sarannya, kami bisa meminjam kotak suara dari daerah terdekat seperti KPU Kota Batu," katanya.

KPU Kota Batu, menurut Umar, memiliki 50 kotak suara cadangan. Sementara itu, kota suara cadangan untuk Kabupaten Malang belum siap.

"KPU Kota Batu memiliki 50 kotak suara cadangan yang bisa kami pinjam. Sisa kekurangannya mungkin bisa diganti oleh KPU Pusat," ujar Umar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com