Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelud Meletus, Jarak Pandang Hanya 5 Meter

Kompas.com - 14/02/2014, 00:17 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com
 — Letusan Gunung Kelud di Kediri pada Kamis (13/2/2014) pukul 22.50 WIB diwarnai dengan hujan abu dan kerikil.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, di Kecamatan Wates sekitar 40 kilometer dari kawah, jarak pandang hanya 5 meter akibat abu Kelud. Sementara Kota Kediri sendiri diguyur hujan deras.

Hingga kini, warga dari lereng Gunung Kelud masih berbondong-bondong mengungsi ke tempat pengungsian yang sudah disediakan.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, hingga kini erupsi Gunung Kelud masih berlangsung. Menurutnya, erupsi pertama terjadi pukul 22.50 WIB. Arah erupsi menuju ke barat daya.

"Hujan abu, pasir, dan kerikil diperkirakan hingga di radius 15 km, khususnya di barat hingga barat daya dari Gunung Kelud. Puncak gunung terlihat kilat terus-menerus yang mengindikasikan erupsi terus berlangsung," ujarnya, Kamis malam.

Sutopo mengimbau masyarakat untuk mengungsi dengan tertib dan tidak panik. Di sisi barat, masyarakat telah mengungsi di Kecamatan Wates, Ponggok, Sanan Kulon, Gurah, Pare, dan kecamatan lainnya. "Warga diimbau tetap berada di dalam ruangan," imbaunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com