Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Penuhi Janji Kampanye Rp 100 Juta Per RW

Kompas.com - 12/02/2014, 21:34 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Dalam rapat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Wali Kota Bandung Ridwan Kamil akan memenuhi janji-janji politiknya yang pernah diucapkan semasa kampanye.

"Seperti infrastruktur dikejar tiga tahun selesai, dukungan anggaran untuk memperbanyak gorong-gorong dari 25 persen menjadi 100 persen, percepatan (pembangunan) monorel dan publik transportasi, dan lain-lain, itu contoh janji-janji politik yang akan direalisasikan," kata Ridwan di Bandung, Rabu (12/2/2014).

Selain itu, salah satu janji yang pernah diucapkan oleh pria yang akrab disapa Emil ini adalah memberikan Rp 100 juta tiap rukun warga (RW) di Kota Bandung. Menurutnya, realisasi janji tersebut tidak akan berupa uang tunai.

"Kemudian 1 RW Rp 100 juta itu nanti ada dokumen hukumnya, tapi berbasis program, bukan dana hibah yang sifatnya kayak sinterklas," ujarnya.

Emil menjelaskan, untuk mendapatkan hak memperoleh Rp 100 juta, tiap-tiap RW wajib membuat proposal program yang relevan. "RW masing-masing mengajukan usulan-usulan," ucapnya.

Setelah membuat program, kata Emil, program tersebut kemudian akan diklasifikasikan sesuai dengan kapasitas dinas-dinas yang ada. Misalnya, jika sebuah RW memiliki program untuk kegiatan olahraga, maka dana Rp 100 juta tersebut akan diberikan melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Bandung (Dispora Kota Bandung). Begitupun jika ada RW yang ingin membuat taman, maka anggarannya akan diberikan melalui Diskamtan Kota Bandung.

"Jadi kalau dijumlah-jamleh nanti akan memenuhi komitmen itu," ucapnya.

Kendati demikian, tidak semua RW akan mendapatkan jumlah yang sama. Pasalnya, banyak RW di Kota Bandung yang mayoritas warganya kaya raya.

"Tapi tiap RW berbeda-beda. Kan ada RW yang beunghar (kaya), mungkin dia kebutuhannya nggak banyak di bidang itu," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com