Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PNS Pemkot Bandung Wajib Bisa Bahasa Inggris

Kompas.com - 10/02/2014, 22:42 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil berharap pada tahun 2015 mendatang seluruh pegawai negeri sipil dan karyawan di Pemerintah Kota Bandung mahir berbahasa Inggris.

Pria yang akrab disapa Emil ini menambahkan, hal tersebut sebagai salah satu persiapan dalam rangka menyambut ASEAN Comunnity 2015.

"Kita akan adakan les bahasa Inggris buat seluruh pegawai Pemkot Bandung. Jadi, nanti kalau ASEAN Comunnity 2015 hadir, PNS pemkot Bandung mah sudah cas cis cus bahasa Inggrisnya," kata Emil di Balai Kota Bandung, Senin (10/2/2014).

Lebih lanjut Emil menambahkan, selain les, para pegawai juga diwajibkan memiliki nilai TOEFL yang tinggi. "Minimal dengan TOEFL 400 sampai 500," tegasnya.

Emil mengakui, saat ini masih banyak pejabat di Pemerintah Kota Bandung yang bahkan belum bisa berbahasa Inggris. Menurutnya, hal tersebut menyulitkan kerja sama internasional yang saat ini tengah gencar dilakukan olehnya.

"Banyak yang nggak bisa. Pas-pasan, yes no yes no saja. Setahun lah, bisa semua (bahasa Inggris)," ujarnya.

"Seperti saya sekarang, follow up ke Eropa, tapi siapa yang mau follow up lagi," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com