Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tugboat Tabrak Kapal di Kukar, Satu Orang Hilang

Kompas.com - 01/02/2014, 17:38 WIB
Kontributor Samarinda, Yovanda Noni

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com – Tugboat penarik ponton batu bara menabrak kapal pengangkut pasir yang tengah sandar di pelabuhan milik H Usri di Dusun Ulaq Nanga, Desa Bakungan, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim), pada Sabtu (1/2/2014).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar, Darmansyah mengatakan, peristiwa tabrakan tersebut terjadi dini hari, sekira pukul 02.00 Wita. Diketahui, tugboat KM Bahari Perdana yang sedang menarik ponton pengangkut batubara menabrak kapal pengangkut pasir KM Rizky yang tengah sandar.

“Peristiwa kecelakaan perairan tersebut terjadi sekira pukul 02.00 Wita dini hari. Saat itu, kapal pengangkut pasir sedang dijaga oleh seorang ABK bernama Ucok (35), menabrak KM Rizky,” katanya.

Saat tabrakan, Ucok sedang tidur. Dia terkejut ketika kapal tiba-tiba dihantam tugboat Bahari Perdana. Ucok mengalami luka saat ingin naik ke pelabuhan, kemungkinan tenaga sudah habis akibat luka dan terjatuh ke Sungai Mahakam. Saat ini Ucok masih dinyatakan hilang.

“Tim SAR sudah diturunkan, untuk mencari korban hilang. Selain merusak dan mengaramkan KM Rizky, tabrakan ini juga membuat pelabuhan yang terbuat dari kayu itu mengalami kerusakan cukup parah,” imbuhnya.

Upaya pencarian korban hilang terus dilakukan dengan melibatkan banyak pihak. BPBD Kukar melalui Satgas SAR melakukan penyelaman. Proses pencarian juga dibantu oleh Polsek Loa Janan, masyarakat sekitar, penyelam tradisional, Satgas Tagana Kaltim, dan Balakarcana Loa Gagak Kecamatan Loa Kulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com