Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Anjing Pelacak Ikut Sterilisasi Gereja di Pemalang

Kompas.com - 23/12/2013, 19:14 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis


PEMALANG, KOMPAS.com - Menjelang Natal, aparat Kepolisian Resor Pemalang, Jawa Tengah, Senin (23/12/2013) sore, melakukan strelisisasi sejumlah gereja. Petugas menggunakan metal detector untuk menyisir setiap sudut bangunan gereja, seperti bagian halaman, di dalam ruang ibadah dan altar.

Di Gereja Santo Lukas, Pemalang, selain menggunakan metal detector, tiga anjing pelacak dikerahkan untuk lakukan sterilisasi. Bersama polisi, ketiga anjing pelacak itu menyusuri seluruh bagian gedung.

Dalam kegiatan sterilisasi, petugas bersenjata lengkap juga ikut dilibatkan. Mereka membawa senjata berjaga-jaga saat melakukan sterilisasi di dalam gereja.

"Semua anggota kita turunkan ke gereja termasuk bersenjata lengkap, artinya pengamanan agar semua steril," kata Kapolres Pemalang, AKBP Dedi Wiratmo.

Polres Pemalang rencananya akan melakukan sterilisasi terhadap 30 gereja yang ada di wilayahnya. Kapolres menginginkan, jika semua steril, anggotanya hanya memeriksa tas dan barang bawaan jemaat gereja.

"Kita punya anjing pelacak, kita tempatkan di tempat-tempat gereja yang rawan, dari 30 gereja ada tiga yang akan dijaga anjing pelacak," tambahnya.

Untuk di Pemalang, personle yang akan diturunkan untuk pengamanan Natal di setiap gereja berjumlah dua orang. Sebanyak 270 personel dari Polres Pemalang akan melakukan Operasi Lilin Candi tahun 2013 ini. Selain di Gereja, polisi akan berjaga di tempat keramaian. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com