Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamanan Gereja di Kaltim Dilengkapi Metal Detektor

Kompas.com - 21/12/2013, 18:06 WIB
Kontributor Balikpapan, Dani Julius

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – Kepolisian Daerah Kalimantan Timur cukup hati-hati dalam mengamankan masa-masa perayaan Natal, 25 Desember 2013, hingga Tahun Baru, 1 Januari 2014. Polisi bahkan sampai menyiapkan pengamanan menggunakan metal detektor untuk menjaga kelangsungan ibadah di beberapa gereja di Kaltim.

Terdata, ada 1.052 gereja kini ada di Kaltim. “Kita siapkan pengamanan yang steril sebelum, saat ibadah, dan setelah ibadah berlangsung. Tapi dari gereja-gereja itu, kita akan memberikan secara selektif pengamanan dengan menggunakan metal detektor,” kata Karo Ops Polda Kaltim, Kombespol Dedy Setiabudi, Sabtu (21/12/2013).

Teror masih menjadi ancaman serius bagi berbagai daerah hingga kini. Namun, meskipun tak ada indikasi ataupun ancaman apapun bagi Kaltim, polisi dan jajarannya tidak mau kecolongan dan siap melakukan pengamanan dengan serius dan cukup ketat nantinya.

“Secara gangguan kamtibmas daerah kita masih di bawah dibanding daerah lain. Tapi daerah kita ada pengalaman terkait teroris, yakni tertangkapnya (tersangka teroris) di daerah perbatasan,” kata Dedy.

Untuk pengamanan itu, Polda mengerahkan 2.972 personel mengamankan seluruh wilayah di Kaltim dengan perkuatan dari Polda dan seluruh Polres di Kaltim. Mereka bertugas tak cuma mengamankan berbagai tempat ibadah, namun juga berbagai lokasi yang dianggap rawan seperti pusat belanja, tempat-tempat wisata, hingga titik kemacetan di jalan raya.

Polisi pun membentuk 42 pos pelayanan dan 30 pos pengamanan di seluruh Kaltim untuk memperkuat pengamanan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com