Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Tuan Rumah PON 2016, Jabar Ingin Tampil Maksimal

Kompas.com - 14/12/2013, 23:34 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sesuai keputusan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pada 2010, maka Jawa Barat ditunjuk sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasinal (PON) XIX 2016.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Sabtu (14/12/2013), mengatakan kesempatan menjadi tuan rumah PON sudah lama dinantikan provinsi tersebut. Bahkan, lanjut Heryawan, Jawa Barat sudah berulang kali mendaftarkan diri.

"Sudah berkali-kali Jabar mendaftar sebagai tuan rumah penyelenggara PON. Ketika PON diselenggarakan di Kaltim, kita jadi pendaftar dan ketika diselenggarakan pada tahun 2012 di Riau, kita juga jadi pendaftar, tapi belum dapat kesempatan saat itu," kata Heryawan.

Pasca-reformasi, lanjut Heryawan, sudah empat provinsi yang menjadi tuan rumah PON, yaitu Jawa Timur, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur dan Riau. "Dan akhirnya, yang kelima, Insya Allah Jabar jadi tuan rumah," kata Heryawan tersenyum.

Heryawan menyatakan, warga patut berbangga atas ditetapkannya Jabar sebagai tuan rumah PON XIX 2016. Selain itu, Heryawan mengimbau PB PON Jabar agar memanfaatkan kesempatan ini semaksimal, sebab Jabar harus bersaing ketat dengan provinsi untuk menjadi tuan rumah PON.

"Kita patut berbangga, karena penyelenggaraan ini berebut, sekali lagi penyelenggaraan ini berebut. Kita daftar dengan hasil merebut, kita dapat.  Oleh karena itu jangan sia-siakan kesempatan ini," imbau Heryawan tegas.

Banyak daerah yang berminat menjadi tuan rumah PON, kata Heryawan, karena dengan menggelar ajang olahraga terbesar di Indonesia itu maka tuan rumah berpeluang menangguk keuntungan yang cukup melimpah.

"Pertama, tempat, sarana dan prasarana olahraga tuan rumah akan semakin bagus dan lengkap. Contohnya, lihat saja di Kaltim pasca-PON. Kemudian, biasanya tuan rumah berusaha merebut medali sebanyak-banyaknya, yang biasanya peringkatnya belasan, paling tidak kalau jadi tuan rumah bisa masuk peringkat lima atau bahkan juara umum," katanya.

Tapi, sambung Heryawan, Jawa Barat bukan termasuk daerah penghuni peringkat belasa dalam PON. Sehingga, Heryawan optimistis Jabar pada PON 2016 mampu meraih medali sebanyak-banyaknya dan menjadi juara umum.

"Kalau sama atlet kami (Jabar), saya percaya. Jabar akan meraih prestasi yang sangat memuaskan di PON 2016 nanti. Kalau kemarin Jabar di provinsi lain bisa meraih juara umum, apalagi di rumah sendiri?" katanya.

Selain itu, tuan rumah akan diuntungkan dalam segi ekonomi karena ribuan peserta PON atau pengunjung akan berdatangan. "Kulinernya, fashionnya, wisatanya dan banyak lagi. Tuan rumah akan diuntungkan disitu," ujarnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com