Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa Buruh dari 4 Daerah Kejutkan Warga Kendal

Kompas.com - 24/10/2013, 12:14 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Masyarakat Kendal, Jawa Tengah, Kamis (24/10/2013), dikejutkan oleh kedatangan ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) di halaman GOR Kendal.

Buruh dari empat daerah, yaitu, kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang dan Pemalang itu, hendak melakukan aksi demo di Kantor Gubernur Jawa Tengah, yang ada di Semarang.

Berdasarkan pengakuan Sekretaris Jenderal (Sekjen) SPN kota Pekalongan, Damiri, rombongan ini mampir ke Kendal hanya untuk beristirahat dan melakukan koordinasi. Sebab, selain menggunakan truk dan bus, ada juga buruh yang berangkat ke Semarang menggunakan sepeda motor.

Damiri menjelaskan, kedatangan mereka ke Kantor Gubernur Jawa Tengah di Jalan Pahlawan Semarang, untuk meminta kepada Gubernur  menaikkan upah minimum Kabupaten/kota (UMK) tahun 2014 di kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Batang dan Pemalang sebesar Rp 3.095.928.  Upah buruh itu, diakui Damiri sudah sesuai kebutuhan hidup layak (KHL).

Kedatangan para buruh di Kendal tersebut, meskipun menyita perhatian masyarakat setempat, namun tidak mempengaruhi arus lalu lintas Pantura Kendal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com