Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Desa di Trowulan Disulap Jadi Permukiman ala Majapahit

Kompas.com - 23/10/2013, 15:57 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Ratusan rumah di Desa Jatipasar, Senotonorejo dan Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, akan direnovasi menjadi rumah zaman Majapahit. Pemprov Jatim mengalokasikan Rp 25 juta per rumah untuk renovasi tersebut.

Program renovasi tersebut akan dilaksanakan tahun depan karena anggaran renovasi ratusan rumah itu sudah masuk di APBD Jatim 2014. "Kami desain tiga desa tersebut menjadi permukiman ala zaman Kerajaan Majapahit sebagai bagian dari konsep Majapahit Park," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Jatim, Djarianto, Rabu (23/10/2013).

Hingga saat ini, kata Djarianto, sudah ada 296 kepala keluarga yang menyatakan siap rumahnya direhabilitasi. Konsep hunian sudah selesai dan sudah disosialisasikan kepada masyarakat.

"Nanti modelnya macam-macam, ada yang model rumah rakyat jelata, ada yang model rumah prajurit, panglima, juga ada yang model rumah saudagar. Maketnya sudah jadi," tambahnya.

Untuk menunjang upaya tersebut, pemerintah juga telah membebaskan tanah seluas 20 hektar. Di area tersebut akan berdiri bermacam-macam keperluan untuk menunjang pariwisata di tiga desa itu. Termasuk nanti juga ada pembanguan gedung pertemuan dan lain-lain.

Isu penyelamatan situs Majapahit kembali ramai dibicarakan, menyusul rencana pembangunan pabrik baja oleh PT Manunggal Sentral Baja di kawasan Kecamatan Trowulan yang diyakini masih banyak menyimpan situs kekayaan Majapahit. Namun, karena desakan masyarakat, akhirnya rencana itu akan dibatalkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com