Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari, Pedagang Kambing Musiman Raup Untung Rp 1 Juta

Kompas.com - 09/10/2013, 10:20 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Pedagang kambing musiman di Jember, Jawa Timur, mendapat berkah menjelang Hari Raya Idul Adha. Dalam sehari mereka bisa meraup keuntungan hingga Rp 1.000.000 dari penjualan kambing.

"Kalau dibandingkan dengan hari biasa, ya jauh mas hasilnya" ujar Holik, salah satu pedagang kambing musiman di Jalan Teuku Umar Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates, Jember, Rabu (9/10/13).

Setiap tahun menjelang Hari Raya Idul Adha, Holik selalu membuka stand penjualan kambing di pinggir Jalan Teuku Umar. "Kambing ini berasal dari daerah Rembangan, Desa Kemungsari Lor Kecamatan Arjasa," katanya.

Menurut dia, jika dibandingkan dengan hari biasa, harga kambing menjelang Idul Adha mengalami kenaikan hingga 30 Persen. "Alhamdulillah meskipun naik, tetapi masih banyak masyarakat yang beli. Dalam sehari saya bisa menjual lima hingga tujuh ekor kambing," kata Holik.

Holik menambahkan, agar masyarakat tidak kecewa dengan kambing jualannya, maka sebelum kambing tersebut didatangkan harus diseleksi terlebih dahulu. "Pokoknya kalau tidak sehat, dan tidak memenuhi ketentuan syariat Islam, pasti saya tolak," ucap Holik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com