Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sidang Usai, Soekarwo dan Khofifah Bersalaman

Kompas.com - 07/10/2013, 18:04 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan lawannya dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2013 lalu, Khofifah Indar Parawansa, bersalaman seusai majelis hakim konstitusi memutuskan menolak seluruh gugatan Khofifah dan pasangannya, Herman Sumawiredja (Berkah).

Dengan putusan MK yang dibacakan di Gedung MK, Jakarta, Senin (7/10/2013) sore, sengketa hasil Pilgub Jatim pun selesai.

Awalnya, Soekarwo yang duduk di deretan tengah menghapiri Khofifah yang duduk di deretan kanan majelis hakim. Keduanya pun bersalaman, disambut tepuk tangan para hadirin.

Namun, tidak seluruhnya dapat menerima putusan. Para pendukung "Berkah" menuding ada permainan oleh majelis hakim konstitusi. Mereka mengkaitkan dengan kasus yang menjerat hakim konstitusi Akil Mochtar.

Kebetulan, sebelum tertangkap, Akil merupakan ketua majelis hakim sengketa itu. "Lanjut KPK," teriak salah satu pendukung "Berkah" dari balkon.

Teriakan itu disambut pendukung lain hingga akhirnya mereka diminta keluar ruang sidang. Sebaliknya, para pendukung "Karsa" bersyukur atas putusan itu. Mereka lansung sujud syukur di dalam ruang sidang.

Seperti diberitakan, majelis hakim konstitusi menilai tidak terjadi pelanggaran sistematis, terstruktur, dan masif selama pelaksanaan pilgub Jatim seperti yang didalilkan pemohon. Dengan demikian, pasangan "Karsa" tetap sebagai pemenang pilgub Jatim.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Jatim, perolehan suara pasangan "Karsa" berada di urutan tertas mencapai 47,25 persen suara. Di bawah pasangan itu, yakni pasangan "Berkah" mendapat 37,62 persen suara, pasangan Eggi Sudjana-M Sihat mendapat 2,44 persen dan pasangan Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah mendapat 12,69 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com