Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Bermain" di Saluran Air, 3 Buaya Bikin Resah Warga

Kompas.com - 06/09/2013, 16:55 WIB
Kontributor Pare-Pare, Darwiaty Ambo Dalle

Penulis


PAREPARE, KOMPAS.com — Munculnya tiga buaya berukuran besar di saluran pembuangan air sekitar lapangan olahraga Andi Makkasau, Kelurahan Labukkang, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, menghebohkan warga.

Buaya itu berukuran 1 hingga 2 meter. Warnanya hitam dan kuning keemasan. Warga mengaku kerap melihat hewan-hewan itu berkeliaran di lokasi yang dijadikan tempat bersantai oleh warga.

Kepada Kompas.com, Jumat (6/9/2013) sore, Sahabuddin, warga setempat, mengaku kerap melihat buaya yang belum diketahui asalnya tersebut menampakkan diri. "Yang kami khawatirkan karena di sekitar sini juga banyak anak-anak. Takutnya melukai warga sekitar," katanya.

Dijelaskan, buaya yang paling sering muncul adalah yang berukuran paling besar dan berwarna hitam. Kata Sahabudin, panjangnya sekitar dua meter. "Biasanya pagi hari. Meski tidak naik ke daratan dan hanya berputar-putar di saluran air, itu tetap membuat kami khawatir," ujarnya.

Andi, warga lain, mengaku bahwa warga sudah beberapa kali melapor ke Dinas Lingkungan Hidup soal buaya-buaya itu. "Tapi sampai sekarang tidak ada respons. Padahal setahu kami, buaya-buaya itu mulai muncul sejak beberapa bulan lalu," ungkapnya.

Namun pada Jumat sore tadi, tim pemadam kebakaran Parepare dibantu oleh TNI yang dilengkapi senjata laras panjang dan warga setempat memburu buaya-buaya itu. Mereka menyemprotkan air ke saluran itu, sementara warga menyiapkan dua ayam untuk dijadikan umpan.

Namun hingga berita ini diturunkan, petugas setempat berserta warga belum mendapatkan hasil. "Kami tetap berharap ada upaya penangkapan yang dilakukan petugas agar warga tidak perlu lagi khawatir," kata Andi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com