Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelamar CPNS Serbu Kantor Polisi, Polda Sulut Buka Layanan "Online"

Kompas.com - 04/09/2013, 08:39 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com — Dibukanya seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di beberapa daerah di Sulawesi Utara pada September ini membuat kantor polisi yang berada di wilayah Polda Sulut diserbu calon pelamar.

Mereka ini mendatangi kantor polisi guna keperluan mengurus surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) yang menjadi salah satu syarat administrasi penerimaan CPNS.

Kasi Yanmin Dir Intelkam Polda Sulut AKP Sabri Suma mengatakan, warga yang datang mengurus SKCK mengalami peningkatan dibanding hari biasanya. "Rata-rata sehari ada sekitar 60 yang datang mengurus SKCK di Polda," ujar Sabri, Rabu (4/9/2013).

Hal yang sama terlihat pula di Polresta Manado. Bahkan sejak memasuki bulan September, terlihat ratusan warga mengantre di depan Ruang Bagian Pelayanan Izin dan SKCK Polresta Manado.

Para calon pelamar CPNS mendominasi antrean tersebut. "Iya, ini saya dan teman mau mengurus SKCK karena sebentar lagi sudah ada penerimaan CPNS. Rencananya mau melamar di Sitaro," ujar Saryanthi, lulusan Fakultas Ekonomi Unsrat Manado.

Mengantisipasi banyaknya warga yang mengurus SKCK tersebut, Polda Sulut menyediakan layanan SKCK secara online. "Masyarakat tinggal buka website Polda, kemudian memasukkan data di sana. Jika sudah lengkap, tinggal datang ke Polda untuk validasi dan setelah itu, SKCK dicetak," jelas Sabri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com