Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Kolaka Tangkap 4 Nelayan Pembawa 9 Bom

Kompas.com - 23/08/2013, 19:47 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis


KOLAKA, KOMPAS.com - Aparat Kepolisian Sektor Watubangga, Kolaka, Sulawesi Tenggara menangkap empat orang nelayan setempat karena tertangkap tangan membawa sembilan buah bom rakitan, Jumat (23/8/2013). Belakangan polisi mengetahui bahwa bom yang dibawa nelayan tersebut adalah bom ikan.

Nelayan yang tertangkap ini masing-masing berinisial HT (42), AR (22), SI (50) dan AJ (40). Mereka ditangkap saat masih berada di laut. Polisi menduga keempat nelayan ini adalah pelaku pengeboman ikan yang marak terjadi di perairan Watubangga akhir-akhir ini.

Kapolsek Watubangga Iptu Bahtiar Tayyep mengatakan, kini seluruh nelayan tersebut tengah dimintai keterangan di Polsek Watubangga. “Ini berdasarkan pengembangan yang kami lakukan. Sebab sudah banyak laporan dari masyarakat pesisir kalau sering ada bunyi ledakan di laut yang dicurigai praktik pengeboman ikan. Setelah kita cek ternyata nelayan ini didapati memiliki 9 bom rakitan untuk mengebom ikan,” katanya, Jumat (23/08/2013).

Dia menambahkan, saat ditangkap para pelaku ini belum sempat menggunakan bom rakitannya. Bom tersebut memiliki daya ledak yang cukup tinggi. “Inilah yang harus dipertanggungjawabkan oleh keempat nelayan ini,” tegasnya.

Selain mengamankan sembilan bom ikan rakitan, polisi juga mengamankan sebuah kapal dan kompresor, selang 100 meter dan sumbu yang akan digunakan pelaku untuk meledakkan bom tersebut.

“Kita masih lakukan penggeledahan di rumah para tersangka ini untuk mencari barang bukti lainnya. Ini salah perbuatannya. Selain bisa merusak ekosistem laut, juga bisa membahayan diri mereka sendiri,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com