Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 Napi Tetap di Lapas Labuhan Ruku

Kompas.com - 21/08/2013, 13:55 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis


BATUBARA, KOMPAS.com - Sekitar 100 narapidana dan 234 tahanan yang tinggal di Lembaga Pemasyarakatan Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Seperti dikatakan  Binsar Sinaga, petugas Lapas Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara, Rabu (21/8/2013).

"Jumlah napi dan tahanan yang tinggal di sini mencapai 334 orang. Napi sekitar seratus orang," kata Sinaga.

Menurut Sinaga, ke-100 narapidana itu tidak akan dipindahkan lagi. Sebab, sebagian dari mereka merupakan tahanan pendamping (tamping). 

Sebelumnya diberitakan, sekitar 442 narapidana sudah dipindahkan ke 12 lapas dan rutan di Sumatera Utara. Proses pemindahan dilakukan selama dua hari sejak Senin (19/8/2013). "Proses evakuasi atau pemindahan selesai pada Selasa sore kemarin," katanya.

Dia juga menandaskan jika hari ini sarana listrik segera diperbaiki agar kebutuhan napi untuk penerangan dan air bersih dapat dipenuhi. Untuk logistik kebutuhan napi, juga telah dibuat dapur umum.

"Hari ini seluruh napi yang tersisa dan tahanan akan masuk ke sel masing-masing," katanya.

Pengamatan Kompas.com, pada Rabu siang para napi dan petugas lapas bergotong-royong membersihkan puing-puing sisa kebakaran Minggu sore lalu. Sementara aparat kepolisian masih berjaga-jaga di luar lapas meski jumlahnya sudah berkurang dari kekuatan sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com