Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencuri Menyaru Polisi Sikat Dua Sepeda Motor

Kompas.com - 19/07/2013, 16:16 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com — Dua orang menjadi korban pencurian sepeda motor oleh pria yang menyaru sebagai polisi di kawasan Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara.

Korban pertama bernama Razali (50), warga Desa Keude Lapang, Kecamatan Gandapura. Pada Rabu (17/7/2013) sekitar pukul 20.00 WIB, dia hendak memarkir sepeda motornya di pertokoan Keude Krueng Mane.

Tak lama kemudian dia didatangi seorang pria berpakaian polisi, lengkap dengan senjata di pinggang. "Polisi" itu meminjam sepeda motornya untuk suatu keperluan ke pos polisi.

Karena melihat pos polisi tidak jauh dari tempat itu, dia tanpa ragu menyerahkan kunci sepeda motornya. "Padahal saat itu saya hendak pulang bertepatan dengan adzan Isya," kata Razali.

Saat itulah dia sadar telah menjadi korban penipuan. “Setelah sadar saya langsung membuat laporan pengaduan kehilangan pada Polsek Muara Batu yang tidak jauh dengan lokasi kejadian,” tambah Razali.

Tiga hari sebelum kejadian yang menimpanya itu, seorang pedagang jaring juga mengalami kejadian serupa. Razali menyebutkan, pedagang itu mulanya melayani seorang pembeli yang mengenakan seragam polisi.

Pria itu membeli jaring sebanyak 4 kilo. Namun saat akan membayar, dia mengomel karena ternyata uangnya tidak cukup. Dia kemudian meminjam sepeda motor milik si pedagang. Tanpa ragu pedagang itu meminjamkannya. Ternyata pria itu tidak kembali, begitu juga dengan sepeda motor milik si pedagang.

Kapolsek Muara Batu, Ilyas, yang dikonfirmasi, Jumat (19/7/2013), mengatakan pihaknya sudah menerima laporan kehilangan dari Razali yang melaporkan kejadian tak lama setelah pencurian terjadi.

“Kami baru menerima satu laporan dan langsung ditindaklanjuti menyisir lokasi dan mencari informasi di seputar TKP,” katanya.

Di samping itu, pihaknya terus meningkatkan kesiagaan dan patrol di titik-titik yang dicurigai menjadi lokasi yang dimanfaatkan oleh pencuri untuk mencari kesempatan. Dia juga mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi kejahatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com